Perkenalan Manajemen

Posted by Unknown Label:
Manajemen Umum
Definisi Manajemen
•    Adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
•    Pengelolaan suatu pekerjaan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dengan cara menggerakkan orang lain untuk bekerja

Siapa yang membutuhkan manajemen ?
    Pertanyaan ini sering dijawab “Perusahaan (bisnis)” !
    Tentu saja benar sebagian, tetapi tidak lengkap, karena manajemen juga dibutuhkan untuk semua tipe organisasi. Dalam praktek, manajemen dibutuhkan dimana saja orang - orang bekerja bersama (organisasi) untuk mencapai suatu tujuan bersama.         

Mengapa manajemen dibutuhkan ?
Ada 3 alasan utama diperlukannya manajemen :
1.    Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan pribadi.
2.    Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, disini dibutuhkan manajemen untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang saling bertentangan dengan pihak yang berkepentingan dalam suatu organisasi.
3.    Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Suatu organisasi dapat diukur dengan banyak cara yang berbeda.
   
    Tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.

Fungsi Manajemen
Fungsi yang dimaksud disini adalah
sejumlah kegiatan meliputi berbagai jenis
pekerjaan yang dapat digolongkan dalam
satu kelompok sehingga membentuk
suatu kesatuan administratif.
George R.Terry       
1.    P    Planning
2.    O    Organizing
3.    A    Actuating
4.    C    Controlling
Allen, Louis A
1.    Memimpin (leading)
2.    Merencana (planning)
3.    Menyusun (organizing)
4.    Mengawasi (controlling)
Koontz Harold
1.    Planning
2.    Organizing
3.    Staffing
4.    Directing and Leading
5.    Controlling      Luther Gullick
1.    P    Planning
2.    O    Organizing
3.    S    Staffing
4.    D    Directing
5.    C    Coordinating
6.    R    Reporting
7.    B    Budgeting

1.    Planning (Perencanaan) à    Adalah pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metoda, system, anggaran dan standar yg dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
2.    Organizing (Pengorganisasian) à Adalah penentuan sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi. Perancangandan pengembangan yg akan membawa kearah tujuan, serta penugasan tanggung jawab tertentu dan kemudian pendelegasian wewenang yg diperlukan.
3.    Staffing (Penyusunan Personalia) à Adalah penarikan (recruitment), latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi para karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif. Dalam pelaksanaan fungsi ini manajemen menetukan persyaratan mental, phisik dan emosional untuk posisi jabatan tertentu dan melalui analisa jabatan. Hal ini diperlukan dengan spesifikasi tertentu seperti keahlian, pendidikan, umur, latihan dan pengalaman.
4.    Leading (Pengarahan) à Adalah membuat dan mendapatkan para karyawan melakukan apa  yg diinginkan dan harus mereka lakukan. Fungsi ini melibatkan kua- litas, gaya dan kekuasaan pemimpin seperti komunikasi, motivasi dan disiplin. Fungsi ini disebut juga Directing, Motivating, Actuating.
5.    Controlling (Pengawasan/Pengendalian) à Adalah penerapan cara untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan hal ini dapat bersifat positif dan negatif. Pengawasan positif  mencoba untuk mengetahui apakah organisasi dicapai dengan efisien dan efektif. Pengawasan negatif mencoba untuk menjamin bahwa kegiatan yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Fungsi Manajemen yang Dilaksanakan
Manajemen Administratif à  berurusan dengan penetapan tujuan, perencanaan, penyusunan kepegawaian, pengawasan kegiatan yang terkoordinasi
Manajemen Operatif à  mencakup kegiatan yang berkaitan dengan memotivasi, supervisi, komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka mencapai hasil secara efektif
Ruang Lingkup Kegiatan Yang Dikelola
Manajer Fungsional à  bertanggung jawab hanya atas satu kegiatan organisasi saja à manajer akutansi, manajer penjualan, manajer keuangan, manajer personalia dsb
Manajer Umum à  mengatur, mengawasi dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan fungsional satuan kerja.
Kegiatan-kegiatan manajer
Apa yg dikerjakan manajer ?
Manajer membuat rencana, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengawasi kegiatan organisasi. Dan fungsi ini dilakukan dalam bentuk kegiatan yang saling tergantung, berinteraksi dan saling berhubungan dari penetapan tujuan sampai pengawasan  Pendekatan Kegiatan Manajer Dalam praktek manajemen sering dijumpai para manajer mengalami kesulitan memahami hubungan antara apa yang disebut fungsi manajerial dan dengan kenyataannya. Manajer sering menyatakan waktunya digunakan untuk keperluan rapat, membaca memo, dan menemui tamu.


Tugas-tugas yang dilaksanakan oleh manager adalah
    Manager bekerja dan melalui orang lain.
    Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas
    Manajer bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan 
    Manajer harus berfikir secara analisis dan konseptual (analisa masalah dan mencari pemecahannya).
    Manajer adalah seorang mediator (penengah) 
    Manajer adalah seorang politisi (mengkampanyekan program) 
    Manajer adalah seorang diplomat (utusan kelompok kerja)
    Manajer mengambil keputusan-keputusan yang sulit. 

Keterampilan Manjerial
1.    Keterampilan Konseptual (Conceptual Skill) à  kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi
2.    Keterampilan Kemanusiaan (Human Sklill) à kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain baik sebagai individu ataupun kelompok
3.    Keterampilan Adminsitratif (Administration Skill) à keterampilan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan kepegawaian dan pengawasan, mengikuti kebijaksanaan dan prosedur, mengelola anggaran.
4.    Kemampuan Teknis (Technical Skill) à kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur atau teknik dari suatu bidang tertentu à akutansi, produksi, penjualan, mesin dsb.









| Free Bussines? |

0 komentar:

Posting Komentar


Pelajaran Blog