Posted by Unknown Label:
Pertemuan-3
      MANAJER DAN LINGKUNGAN  EKSTERNAL ORGANISASI

   
–    Faktor-faktor lingkungan eksternal
–    Lingkungan Eksternal Mikro
–    Lingkungan Eksternal Makro
–    Organisasi dan Lingkungan
–    Tanggung Jawab Sosial Manajer.

Manajemen perlu mempertimbangkan unsur-unsur dan kekuatan lingkungan eksternal dalam setiap kegiatan. Manajer harus mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengdiagnosa dan bereaksi terhadap kekuatan lingkungan, baik berupa kesempatan, risiko maupun ancaman yang mempunyai pengaruh pada operasi organisasi.

Manajer perlu mempertimbangkan unsur-unsur dan kekuatan lingkungan Eksternal dalam setiap kegiatan. Manajer harus mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengdiagmosa dan bereaksi terhadap kekuatan lingkungan, baik berupa kesempatan, risiko maupun ancaman yang mempunyai pengaruh pada operasi organisasi. Lingkungan Eksternal Organisasi yang menjadi tanggungjawab manajer :    
Faktor-faktor lingkungan eksternal à Lingkungan Eksternal Mikro,  Lingkungan Eksternal Makro
Organisasi dan Lingkungan
Tanggung Jawab Sosial Manajer.

Faktor-faktor lingkungan Eksternal Lingkungan ekternal terdiri atas unsur-unsur diluar organisasi, yang sebagian besar tidak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer.  Organisasi mendapatkan masukan-masukan yg dibutuhkan seperti bahan baku, dana tenaga kerja danenergi dari lingkungan eksternal, mentransformasikan menjadi produk dan jasa, dan kemudian memberikan sebagai keluaran kepada lingkungan eksternal.
LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO
LINGKUNGAN EKSTERNAL MAKRO
Lingkungan Eksternal Mikro
Komponen lingkungan eksternal mikro yang paling penting adalah sbb 
•    Para Pesaing
•    Langganan yg harus di layani
•    Pasar Tenaga Kerja
•    Lembaga-lembaga keuangan
•    Supplier dan Perwakilan Pemerintah.
Lingkungan Eksternal Makro
Lingkungan eksternal makro mempengaruhi organisasi dengan dua cara. Pertama kekuatan-kekuatan diluar tersebut mempengaruhi suatu organisasi secara langsung atau tidak langsung melalui unsur lingungan mikro.
Faktor-faktor lingkungan eksternal makro :
•    Teknologi
•    Ekonomi, Politik
•    Sosial dan dimensi internasional  

Organisasi dan Lingkungan.

Lingkungan ekstern mempengaruhi manajer-manajer berpariasi menurut tipe dan tujuan organisasi. Hal ini berbeda diantara posisi-posisi  dan  fungsi-fungsi dalam suatu  organisasi  dan  bahkan antara tingkatan-tingkatan hirarki didalam organisasi.
Informasi tentang lingkungan makro dapat diperoleh dari berbagai sumber yakni ; laporan-laporan dan dari data statistik pemerintah, publikasi bisnis, journal perdagangan, laporan bank, para manajer dll.





TANGGUNG JAWAB SOSIAL MANAJER


Tanggung jawab sosial berari bahwa manajemen mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi didalam pembuatan keputusannya. Tanggung jwab sosial perusahaan ini merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh para manajer organisasi perusahaan, karena aspek ini merupakan syarat utama bagi berhasilnya perusahaan, terutama untuk jangka panjang.
Dengan demikian manajer sekarang dituntut untuk mengimplementasikan etika berusaha, terutama dalam hubungannya dengan stake holder.

Tanggung jawab sosial berkaitan erat dengan peran keuntungan dan prestasi  sosial
Peran keuntungan bagi perusahaan menjadi sangat penting, artinya perusahaan harus mendapat keuntungan yang cukup, sehingga memadai untuk mempertahankan kepercayaan dan dukungan dari pemegang saham dan kreditur
Prestasi sosial organisasi, ukuran prestasi adalah menjadi sangat sulit untuk didefinisikan mengingat masing-masing organisasi / perusahaan mempunyai visi dan misi nya sendiri-sendiri dan begitu banyak serta beragamnya tuntutan dan kepentingan yang pasti akan berbeda antar satu organisasi/perusahaan dengan organisasi/perusahaan lainnya. Namun ada pihak lainnya yang memiliki kepentingan untuk menilai prestasi (sosial) perusahaan

Nilai dan Etika Manajemen
    Ada 5 faktor yang mempengaruhi keputusan-keputusan pada masalah etika yaitu :
1.    Hukum
2.    Peraturan-peraturan pemerintah
3.    Kode etik industri dan perusahaan
4.    Tekanan-tekanan sosial
5.    Tegangan antara standar perorangan dan kebutuhan organisasi merumitkan tugas manajer

Faktor-faktor ini mempengaruhi etika manajer dengan tingkatan dan pada bidang fungsi yang berbeda-beda
1.    Hukum à memberi batasan standar etika, misalnya tidak menayangkan iklan yang menipu
2.    Peraturan-peraturan pemerintah à Tidak memproduksi barang yang membahayakan masyarakat.
3.    Kode etik industri dan perusahaan à ada batasan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh perusahaan
4.    Tekanan-tekanan sosial à Jika perusahaan melakukan tindakan yang merugikan masyarakat/lingkungan, masyarakat bisa melakukan protes atau memboikot hasil produknya atau diajukan ke pengadilan
5.    Tegangan antara standar perorangan dan kebutuhan organisasi menjadi kompkleks/rumit      

| Free Bussines? |

0 komentar:

Posting Komentar


Pelajaran Blog